Friday, March 18, 2011

nostalgia - ノスタルジア - (part 2)



Two years away,
I got back today,
Tried calling up this girl I used to know,
But when I said hello,
She didn't know just who the hell I was supposed to be.

[Chorus:]
Memory Lane,
We're here again,
Back to the days,
And I'll remember you always,
So much has changed,
Now it feels like yesterday I went away.

The words around, that she's moved town
About a thousand miles away from here.
And I found something she wrote a long time ago
And it reminds me of a place I know called...

[Chorus]

So much has changed (so much has changed),
So much has changed (So much has changed),
So much has changed (So much has changed),

Down Memory Lane,
We're here again,
Back to the days,
And I'll remember you always,
And so much has changed,
But it feels like yesterday I went away.

So much has changed (so much has changed),
So much has changed (So much has changed),
So much has changed (So much has changed),
Down Memory Lane... Lane... Lane...
 McFLY - Memory Lane

Waktu itu, saat aku masih duduk di bangku SMP-SMA. Waktu aku berkenalan dengan artis-artis asia, anime dan manga. Thanks to My Friends at 2nd Grade Junior School. Yang dengan baik hati membelikan manga2 keluaran terbaru untukku, temanku yang duduk tepat didepanku yang meracuniku dengan serial cantik. Temanku yang meracuniku dengan Majalah2 asia mahal milikmu (sekedar pemberitahuan, temanku yang memiliki majalah asia mahal itu adalah seorang lelaki) TERIMA KASIH BANYAK! Karena berkat majalah-majalahmu itu aku jadi mengerti bahwa Cina-Korea-Jepang itu berbeda. Terima kasih pada temanku yang seorang otaku, karenamu aku yang bodoh ini jadi tau, kalau di Jepang itu ada berbagai jenis manga. Sekali lagi terima kasih teman!

Masuk SMA, aku tambah sakit, keracunan produk asia, saat inilah aku mulai sadar dengan Produk Korea, Jepang dan sekitarnya. =.=” keracunan itu dimulai dari acara jalan-jalan dan main-mainku ke rumah teman sebangkuku di SMA, tepatnya waktu kelas 1 SMA. Dan kakak perempuan temanku itu adalah seorang Fan Girl. Jadilah setiap main kesana, aku selalu dicekoki dengan produk2 asia macam Hideaki Takizawa dkk, novel-novel Teenlit, Manga2 yang lebih sulit ditemukan, DVD2 serial asia yang baru saat itu juga aku lihat judul dan pemainnya. Semuanya baru dan sangat-sangat membingungkan untukku.

BoyBand Korea yang pertama kali aku kenal adalah Super Junior dan lagu mereka yang pertama kali kudengar adalah Twins, baru setelahnya ada Miracle. Dua lagu ini aku kenal ketika aku meminjam Super Junior 05’ album pertama Super Junior yang saat itu masih berbentuk kaset, Super Junior 05’ adalah album Suju yang pertama kali aku pegang dan aku dengarkan. Saat itu, tidak ada sedikitpun keinginan dalam diriku untuk sekedar tahu nama-nama personel mereka. Alasan waktu itu, cukup simple, menurutku namanya ribet dan sangat-sangat sulit dihafal, wajah mereka pun semuanya nyaris sama. =.=” Wajar saja, itulah kali petama aku mengenal boyband dan mataku ini belum terbiasa dengan wajah-wajah keturunan Korea, telinga inipun rasanya pusing kalau mendengar nama-nama mereka. Yah bisa dibilang produk Korea adalah sesuatu yang benar-benar baru dalam hidupku *pada saat itu*


SMA Kelas 1, ini juga lagi cinta-cintanya dengan McFLY dan P!ATD (Panic! At The Disco). Lupa kapan tepatnya aku mulai mencintai dua band ini. Tapi yang pasti, aku mencintai McFLY (Mr. Danny Jones) lebih dulu dari pada P!ATD (Mr. Brendon Urie). Lagu-lagu merekapun kudapatkan dengan modal minta (waktu itu masih gak ngerti gimana caranya donlot2) dan yang menjadi sasaranku adalah kakak lelaki adik sepupuku. Hahaha..

SMA Kelas 2, bukannya aku lepas dari produk asia, pengaruhnya malah semakin parah. Di Kelas 2, aku sebangku dengan fan girl yang sangat mencintai Super Junior Kibum dan Dong Bang Shin Ki, dia memiliki koleksi foto-foto dua boyband itu diponselnya, dan hampir setiap hari ia selalu mencekoki aku dengan segala hal tentang mereka. Kelas 2 SMA, inilah saat aku berkenalan dengan Maya (yang sampai sekarang aku masih bingung dengan jalan pikirannya) cewek aneh, hobi menggambar, demen baca manga, sukanya ngomong tentang anime2 yang baru aku dengar namanya saat itu juga, dia senang bercerita tentang game2 aneh, istilah istilah aneh dan penyimpangan2 yang tidak masuk akal.

SMA Kelas 2 aku mulai menjadi Fan Girl. Dan di KELAS 2 SMA! Aku KENAL INTERNET! Benda inilah yang benar-benar merubah hidupku.
Pertama kali ke warnet dengan teman-teman sekelas, Acil Dayah, Della teman sebangkuku yang fan girl itu dan V.A teman sebangkunya Acil Dayah. Kami berempat duduk berdesakan disebuah bilik warnet dengan 1 tujuan yang sama, menyelesaikan tugas. Pertama kalinya membuka jendela internet, yang dicari adalah Hewan-hewan yang hidup di padang pasir. =.=” Penyu dan berbagai pengetahuan umum lainnya, waktu itu benar-benar gaptek! 1st experience dan bolak-balik nanya sama penjaga warnetnya, makanya sampai sekarang aku cuma bisa ketawa dan mesem liat orang yang bolak-balik nanya keserver tentang perihal internet dan sebagainya, sebel? Pasti, tapi lucu juga kalau ingat aku dulu.

Waktu itu sempat bolak bali kewanet beberapa kali, sampai akhirnya aku sadar, bahwa benda ini alat ini yang ada di depanku ini adalah benda penting yang serba tau.
Maka dimulailah perjalananku bersama internet.

Pulang sekolah, sore hari, dan malam hari setelah maghrib main ke warnet, Cuma buat liat-liat, waktu itu nyimpen gambarpun gak ngerti, apalagi donlot2. Beberapa bulan belajar, aku sudah lumayan mengerti dengan internet dan mulai bisa mendownload macam2. Aku mulai memenuhi komputerku di rumah dengan foto-foto orang Korea, terutama Super Junior, yang kudapat dari teman sebangkuku. Ekekekeke.. Sebenarnya banyak hal-hal konyol yang aneh tapi juga menyedihkan yang terjadi pada saat pengisian ini, mulai dari komputer yang kena virus dan terpaksa harus install ulang dan mengorbankan semua data di komputer, termasuk lagu-lagu, gambar dan yang paling aku tangisi dan tak akan pernah kulupa, script tulisan-tulisanku, cerpen-cerpen, dan 1 buah cerita yang sampai sekarang aku masih tidak ingin mengetikkannya kembali, cerita yang susah payah aku buat sejak aku SMP, cerita panjang yang pertama kali aku buat dan seharusnya tinggal sedikit lagi, tinggal beberapa bab lagi akan bisa dibikin buku saking panjangnya, Rasanya sayang sekali ketika aku harus merelakannya. :’(

Konyolnya tragedi memburning CD dan floopy disk. Semuanya disebabkan karena keingitahuanku pada komputer dan juga ketidaktahunku pada internet. =.=” *idiot*
Dan akhirnya setelah punya uang yang cukup, aku membeli FD pertamaku, FD hitam seharga +/- 200rb kapasitas 525mb. Nyahaha..
Kelas 2 SMA adik sepupuku datang ke rumah dengan membawa DVD, isinya Video2 Korea, Super Junior MV, U yang liriknya, cause I can’t stop thinking about U girl~~ *yang sampai sekarang masih aku simpan dan lengkap dengan logo majalah yang tercetak di MV tsb* Wkkk.. Ada juga MV jadulnya DBSK, macam Hug & Hi Ya Ya.. =.=” Waktu liat Super Junior aku seneng, wah ini Boyband yang kemarin itu pikirku, yang orangnya banyak itu. Waktu itu pertama kali liat MV mereka dan langsung suka sama Kibum saat itu juga. Wkkkk...

Dari video itu juga aku kenal dengan Abang Uno *malu* waktu itu aku melihat beliau sebagai salah satu personel DBSK yang sejak awal memang kurang aku sukai. Mengapa? Hal pertama, karena ‘KECANTIKAN’ JJ yang sangat tidak pas untuk mataku. Hal lain adalah gaya menyanyi CM dan ekspresinya di MV yang menurut penglihatanku ‘yang sangat aku percayai’ LEBAYnya Naudzubillah. Gara-gara hal-hal itulah aku kurang menyukai DBSK.

Ada hal yang menurutku memalukan kalau diceritakan, tapi lumayan penting juga untuk diceritakan kembali. Saat di kelas 2 SMA itu, aku memiliki seorang teman laki-laki yang menurutku sangat mirip dengan Abang Uno. Dan kalau kau mengenal diriku, kau akan tahu, bahwa aku adalah tipe orang yang selalu mengatakan apapun yang ada di dalam kepalaku secepat hal itu terpikirkan dan tanpa melewati uji kelayakan terlebih dahulu. Dan saat itu langsung saja aku katakan pada teman sebangkuku itu, aku bilang bahwa ‘teman sekelasku’ itu sangat mirip dengan salah satu personel DBSK yang gambarnya kemarin aku lihat di ponselmu. Temanku itu bertanya padaku, member yang mana? Aku jawab saja tidak tau namanya, tapi jika aku melihat gambarnya sekali lagi, mungkin aku akan mengenalinya. Dan ketika ia menyodorkan ponselnya, langsung saja aku menunjuk Abang Uno.

Respon temanku waktu itu ‘yang sampai sekarang masih sangat kuingat’ adalah mata melototnya dan alisnya yang berkerut kebingungan. Hhahahaha.. Tentu saja ia tidak setuju dan mulai menanyaiku, darimana aku menyebutkan kemiripan diantara mereka berdua. Aku bilang saja, muka bodoh dan garis-garis wajahnya. Walaupun dia tidak setuju dan selalu menentangku, entah mengapa aku selalu berhasil membuatnya terdiam ketika kami berargumen mengenai hal itu. *wajar saja, aku ini orang yang ‘SEDIKIT’ keras kepala* XD Hal itu terjadi berulang-ulang, Della yang ngakak dan menyangkal habis2an. Aku, yang karena tak mau kalah juga maksa kalo mereka mirip. Waktu itu bodoh banget. Trus ketika Maya mendengar pembicaraan kami, dia langsung bilang kalo dia tak suka dengan produk2 Korea itu. Ampun... Sampai sekarang dia juga masih bilang gak suka mereka. Sudah hampir 5 tahun sejak kejadian itu. =.=a

Di sekolah aku sangat sering bercerita dan bertanya dengan Della tentang hallyu stars. Aku bilang padanya bahwa aku juga suka Kibum, dia ketawa, makanya sejak saat itu kami sering tuker-tukeran fotonya dan mesem2 sendiri kalo liat beliau, kayak 2 orang kesurupan. Bengong liatin layar ponsel, yang isinya foto2 Kibum dan Super Junior. *konyol*

Sejak itu aku suka dengan Super Junior dan sensi dengan DBSK. Hahaha.. Sering jalan kewarnet dan bongkar-bongkar file yang tersisa di komputernya, ada hal yang menarik waktu ke warnet, ketika aku bongkar file di dalam kompinya, banyak sekali foto2 member SJ ataupun foto mereka sendiri2 foto2 itu diletakkan dalam satu folder, langsung saja tanpa mikir aku copy folder itu. Dan dirumah berunding dengan adik sepupuku, waktu itu melihat Leeteuk pertama kali, foto dia yang paling banyak ada di folder itu, tampaknya sang pemilik benar2 mencintai Teuki. Wajahnya dalam berbagai pose dan mimik, aku cuma bisa bengong ketika melihatnya. Ya ampun, trus ada siwon juga, dengan gaya OmOm nya.. hahaha... Seru banget waktu itu.

Naik kelas 3, aku sedikit waras, saat ini aku lebih mengurusi P!ATD dan McFLY, anak2 Fueled by Ramen dan YUI! Saat itu aku benar2 melupakan KOREA! Hahahay! Belum lagi sibuk dengan ujian nasional. Tapi aku ingat masih tetap tidak menyukai DBSK, dan masih tetap membanding2kan Abang Uno dengan teman sekelasku. Nyehehe..

Ntah kapan pastinya, suatu hari adik sepupuku menyuruhku mendownload Mirotic, katanya itu lagu barunya DBSK, aku tentu saja tidak mau, tapi akhirnya download juga, walau dengan setengah hati. =.=” Gila, benar2 karma rasanya kalo mengingat aku sekarang yang cimat dengan Abang Uno. Syukur karmanya dengan Abang, bukan dengan JJ. Fufufufu..

to be continued...

0 comments:

Post a Comment